Tiga Jenis Gangguan Pada Indung Telur Berdasarkan Gejalanya

Tiga Jenis Gangguan Pada Indung Telur Berdasarkan Gejalanya

Selamat datang dan selamat berkunjung diwebsite resmi kami yang selalu memberikan informasi bermanfaat tenatang kesehatan, Nah dalam kesempatan kali ini kami sebagai admin akan membahas artikel tentang “Tiga Jenis Gangguan Pada Indung Telur Berdasarkan Gejalanya” bagi anda para wanita khususnya silahkan simak artikel ini untuk menambah pengetahuan anda tentang kesehatan.

Tiga Jenis Gangguan Pada Indung Telur Berdasarkan Gejalanya

Ovarium merupakan bagian penting dari organ reproduksi wanita yang melayani rilis telur setiap bulan untuk konsepsi dan produksi hormon. Mengingat peran penting, penting untuk mengenali gejala-gejala yang dapat menyebabkan gangguan pada ovarium.

Ovarium dari sistem reproduksi wanita dalam bentuk sepasang organ kecil berbentuk kacang. Posisi di kanan dan kiri rahim.

Ovarium memainkan peran penting dalam sistem reproduksi, yaitu:

  • Penghapusan hormon seks wanita, estrogen dan progesteron.
  • Biarkan telur setiap 28 hari sebagai bagian dari siklus menstruasi.

Gangguan ovarium dapat dikenali oleh rasa sakit di sekitar tubuh yang didirikan. Lokasi ovarium yang terletak di perut bagian bawah, sekitar panggul dan di bawah pusar. Gangguan ini umumnya dapat disebabkan oleh berbagai keadaan, tumor terhadap kista.

Nyeri ovarium akut terjadi dengan cepat dan akan segera menghilang. Sementara kronis akan terasa secara bertahap dan dapat bertahan selama berbulan-bulan. Dalam kebanyakan kasus, rasa sakit tidak bisa dirasakan. Tapi ada kalanya rasa sakit akan memburuk saat menjalani kegiatan tertentu, seperti kencing atau olahraga. Gangguan pada ovarium dapat dibedakan munculnya gejala.

Kista Indung Telur

kista ovarium atau rongga kista dengan cairan yang terkandung dalam ovarium, umumnya dialami wanita selama kehamilan. Kista dapat terbentuk ketika telur dilepaskan, atau ketika tas yang memegang telur tidak rusak setelah telur telah dirilis. Kista umumnya terbentuk ketika ovulasi biasanya akan hilang dengan sendirinya dan bahkan tidak ada gejala. Namun risiko kista masih membawa rasa sakit tak tertahankan.

Berhati-hatilah jika Anda mengalami gejala seperti ovarium berikut.

  • Mual dan muntah.
  • Perut kembung.
  • Nyeri saat buang air besar atau hubungan seksual.
  • haid tidak teratur.
  • nyeri panggul pada awal dan akhir periode, mulai dari cahaya untuk tender.

Selain itu, kista dapat diidentifikasi dalam dua jenis: kista fungsional yang merupakan bagian dari bagian siklus menstruasi dan tidak berbahaya, dan kista diakibatan pertumbuhan patologis dari sel-sel abnormal.

Baca Disini : Cara Mengobati Kista

Tumor ovarium

tumor ovarium mungkin kanker (ganas) atau jinak (bukan kanker). kanker ovarium atau kanker ovarium lebih sering terjadi pada wanita yang telah memasuki masa menopause. Apa saja gejala yang dapat menjadi indikator kanker ovarium?

  • Gangguan pencernaan.
  • Sembelit atau diare.
  • Kehilangan nafsu makan.
  • Perut terasa tertekan atau kembung.
  • Berat badan naik atau turun tanpa alasan yang jelas.

Diagnosis tumor ovarium dapat diberlakukan dengan mendeteksi berbagai proses, seperti MRI atau tes darah untuk protein CA-125. Meskipun tidak selalu terjadi, protein ini biasanya meningkat pada wanita dengan kanker ovarium. Dokter Anda akan melakukan pemeriksaan dengan menggunakan ultrasound atau tes pemindaian lain untuk mengkonfirmasikan diagnosis.

Endometriosis

Jika telur tidak dibuahi, endometrium dan pembusukan tubuh melalui proses yang disebut menstruasi. Namun dalam beberapa wanita, seperti jaringan dapat berkembang dalam rahim di bagian lain dari tubuh. jaringan ini membengkak dan berdarah setiap bulan, tetapi tempat yang tidak membusuk. Kondisi ini mengakibatkan luka-luka dan rasa sakit yang disebut endometriosis.

Situasi ini dapat dikenali dengan gejala seperti:

  • Jangka waktu yang multi-volume dan menyakitkan.
  • Nyeri selama hubungan seksual.
  • Infertilitas.

Jaringan endometriosis dapat dideteksi dengan USG, MR dan laparoskopi.

Mengingat gejala di atas bisa menjadi sangat umum, dianjurkan ke rumah sakit segera jika Anda mengalami rasa sakit yang dapat disebabkan oleh gangguan pada ovarium mengalami.

Mungkin itulah penjalasan tentang masalah “Tiga Jenis Gangguan Pada Indung Telur Berdasarkan Gejalanya” yang bisa kami sampaikan dalam kesempatan kali ini, semoga apa yang sudah kami sampaikank dalam kesempatan kali ini bisa bermanfaat dan berguna bagi tubuh anda, Salam sehat dari kami TOKO ZAHRA HERBAL.

Baca Juga :

Penyebab Terjadinya Kista Pada Remaja Yang Belum Menikah

Gangguan Kelenjar Bartholin Penyebab Sakit Berhubungan Seksual

Selidiki Manfaat Tanaman Obat untuk Berbagai Penyakit

Posted by : Abdul Syukur – Kesehatan, Kamis 13 April 2017 13:30:22

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *