Yang Terjadi selama Siklus Menstruasi

Yang Terjadi selama Siklus Menstruasi

Menstruasi adalah hal yang wajar dialami oleh seorang wanita. Meski sudah berpengalaman sejak dia masih remaja, tidak semua wanita tahu apa yang sebenarnya terjadi di dalam tubuh selama siklus menstruasi.

Yang Terjadi selama Siklus Menstruasi

Siklus menstruasi adalah perubahan dari tubuh wanita, terutama di organ reproduksi. Itu adalah ketika dinding rahim (endometrium) menumpahkan lebih tebal karena tidak adanya pembuahan sel telur. Pada siklus menstruasi setiap wanita bervariasi antara 23-35 hari, tetapi rata-rata siklus menstruasi adalah 28 hari.

Pada prinsipnya, siklus menstruasi dibagi menjadi lima tahap yang diatur oleh hormon dalam tubuh.

  • Estrogen

Hormon dalam ovarium peran yang sangat penting dalam tubuh, terutama pada ovulasi dalam siklus reproduksi wanita. Hormon ini berperan dalam perubahan fisik remaja di masa pubertas dan terlibat dalam pemulihan endometrium setelah periode menstruasi.

  • Progesteron

hormon ini estrogen untuk kerjasama dengan siklus reproduksi dan pemeliharaan kehamilan. estrogen serupa, progesteron juga diproduksi dalam ovarium dan berperan dalam penebalan dinding rahim.

  • Hormon pelepas gonadotropin (Gonadotrophin-releasing hormone – GnRh)

Diproduksi oleh otak, hormon ini membantu stimulasi tubuh untuk memproduksi hormon dan hormon perangsang folikel pelutein.

  • Hormon Pelutein (luteinizing hormone-LH)

Telur dan ovulasi oleh ovarium dengan stimulasi hormon ini.

  • follicle merangsang (FSH Follicle Stimulating Hormone)

Hormon ini membantu telur dalam ovarium dewasa dan siap dirilis. Hormon ini diproduksi di kelenjar hipofisis di bagian bawah otak.

Tahap Satu – Menstruasi

Hari pertama menstruasi adalah hari pertama siklus menstruasi terjadi pada sekitar 3-7 hari. Pada saat ini, ditolak endometrium dalam darah menstruasi. Jumlah darah yang keluar sekitar 30-40 ml per siklus saat menstruasi. Nyeri yang terjadi pada hari-hari pertama menstruasi rahim dengan mendorong kontraksi otot dan tarik endometrium ditumpahkan dalam darah menstruasi.

Luruhnya endometrium akibat penurunan estrogen dan progesteron. Bersama-sama dengan penurunan estrogen dan progesteron dalam fase ini, follicle stimulating hormone (FSH), mulai meningkat sedikit, peningkatan ikan ini beberapa folikel (kantong dengan ovarium) di ovarium. Dari beberapa perkembangan folikel, akan ada hanya satu folikel tumbuh yang kemudian menghasilkan estrogen. Estrogen sangat rendah di awal periode menstruasi, tetapi dengan perkembangan folikel, estrogen mulai meningkat.

Produk GREEN WORLD :

Calcium Softgel

Ovary Nutrition

Tahap Dua – ovulasi Pre dan ovulasi

Ketika Anda memasuki periode pra-ovulasi, Anda telah menumpahkan endometrium akan kembali ke sesuatu yang lebih tebal. endometrium cukup tipis sehingga sperma dapat dengan mudah melewati lapisan ini dan dapat bertahan sekitar 3-5 hari. Rahim penebalan dipicu oleh mulai bangkit dengan hormon estrogen.

setiap wanita ovulasi tidak sama. Mungkin Anda berpikir Anda berovulasi pada hari -14 setelah siklus pertama. Namun ternyata tidak bisa menjadi patokan bagi setiap wanita. Terserah setiap siklus menstruasi pada setiap orang.

Jika Anda berencana untuk memiliki bayi, Anda ingin memiliki hubungan dengan suami Anda selama ovulasi pra-ovulasi. Karena itu adalah kesuburan terbaik dan sperma dapat bertahan sekitar 3-5 hari.

Tahap ketiga – Pre Menstrual

Untuk lebih menebal pada tahap ini endometrium. Hal ini karena folikel robek dan telur longgar, yang korpus luteum. Korpus luteum menghasilkan progesteron, yang kemudian membuat mengental lapisan rahim.

Jika pembuahan tidak terjadi, Anda mulai dengan gejala sindrom pramenstruasi (PMS), perubahan tersebut sensitif emosional dan perubahan kondisi fisik, seperti nyeri payudara, pusing, kelelahan, atau kembung. Selain gejala-gejala tersebut, yang berdegenerasi korpus luteum dan berhenti memproduksi progesteron. Dengan menurunnya kadar progesteron dan estrogen, karena tidak dibuahi, endometrium ditumpahkan menjadi darah haid.

Baca Juga :

Air Ketuban Merembes, Kenali Ciri-Ciri dan Waspadai Bahayanya

Hidrotubasi: Salah Satu Solusi Untuk Memiliki Bayi

Inilah 8 Gejala Kehamilan yang Bisa Mengejutkanmu

Posted by : Abdul Syukur – Obat Herbal Kista, Senin 06 Maret 2017 11:11:03

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *